Dosen Ilmu Komunikasi UI Menerbitkan Buku Media dan Opini Publik untuk Akademisi dan Politisi

Dosen tetap Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Eriyanto, menerbitkan buku yang ia tulis dengan judul Media dan Opini Publik

Dok: Yasmine

Media dan Opini Publik hadir untuk membahas mengenai tiga teori terkait media dan opini publik, yakni agenda setting (kemampuan media dalam menciptakan isu), framing (kemampuan media melakukan pembingkaian isu) dan priming (kemampuan media mengarahkan pandangan publik). 

“Tiga teori tersebut pada awalnya terpisah-pisah, bahkan berbeda satu sama lain. Kemudian, beberapa ahli melihat keterkaitan di antara ketiga teori, dan melihat tiga teori itu bisa dipakai secara bersama-sama dalam menjelaskan proses terbentuknya opini publik,” jelas Eriyanto dalam acara Diskusi Buku “Media dan Opini Publik di Tahun Politik” pada Jumat (30/11) di Gedung Audit Ilmu Komunikasi, FISIP UI, Depok. 

Dalam pembahasan terkait tiga teori tadi, Media dan Opini Publik menyediakan cara mendasar mempelajari agenda setting, framing, dan priming yang diperkuat kasus dan gambar media yang kuat. Selain itu, buku Media dan Opini Publik juga menjawab mengenai tantangan penelitian opini publik di era digital. 

Eriyanto menerangkan bahwa Media dan Opini Publik ditujukan untuk mahasiswa. Namun, tidak menutup kemungkinan jika politisi, ataupun media juga turut menggunakan buku ini sebagai referensi.

“Buku ini saya tulis tujuannya untuk mahasiswa, supaya mereka ada buku panduan terkait media dan opini publik. Tapi tidak tertutup kemungkinan juga untuk pembaca yang lebih luas. Untuk politisi, partai, dan juga media,” kata Eriyanto.

Eriyanto kemudian memaparkan kegunaan buku yang ia tulis untuk para praktisi di media dan juga politisi. 

Diskusi Buku “Media dan Opini Publik di Tahun Politik”

Dalam rangka membahas buku yang Eriyanto terbitkan, Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI mengadakan acara diskusi buku dengan tema “Media dan Opini Publik di Tahun Politik”. Acara tersebut terbuka untuk umum dan gratis. Khusus 30 peserta yang datang lebih awal, penyelenggara memberikan buku Media dan Opini Publik.

Acara diskusi itu membahas bagaimana media memilih dan membingkai isu, serta bagaimana publik beropini di era digital, terutama pada tahun politik. Pembahas diskusi tersebut ada Eriyanto sebagai penulis buku, Imam Wahyudi anggota Dewan Pers, dan Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif SMRC. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.