Hobi untuk Faedah Bersama: Kenapa Membuat Resensi Drama Korea?

Drama Korea itu bagai obat terlarang dan merupakan candu saya. Tentu saja adiktif. 

Sudah hampir 16 tahun lebih, drama korea menjadi “teman hidup” saya. Ia hadir sejak mama dan anti (panggilan untuk salah satu tante) memperkenalkannya kepada anak perempuan yang kala itu masih berusia 6 tahun  — alias saya. 

Bagi saya, menonton drama Korea (K-Drama) bukan lagi semata-mata hiburan, melainkan menjadi hobi yang sangat adiktif.  Ya … memang betul terkadang jika saya sudah mulai menonton drakor, saya tidak bisa berhenti. Bahkan saya bisa menamatkan satu judul entah itu 16 atau 20an episode.

Itu tidak sehat dan tidak sepatutnya dicontoh. Namun, saya tidak pernah merasa dirugikan. Menurut saya, menonton drakor banyak memberikan manfaatnya, khususnya belajar budaya Korea Selatan. Seperti bahasa mereka, tata krama, adat istiadat, pendidikan, kuliner, destinasi wisata, dan sejarah mereka.

Nah, genre-genre drakor itu banyak. Tema yang disajikan juga beragam. Akan tetapi yang menjadi favorit saya adalah drakor saeguk. Buat teman-teman yang juga penggemar drama Korea pasti tahukan istilah saeguk itu apa? Ya! Jadi, drama saeguk adalah istilah yang digunakan untuk drama kolosal ala Korea. Drama kolosal ini biasanya menceritakan dan menampilkan kisah historis kerajaan pada zaman Korea dulu. Misalnya, era dinasti Joseon.

Oke. Menutup kata pengantar ini saya mau bilang bahwa berangkat dari hobi menonton ini dan perkembangan media sosial mendorong saya untuk membuat resensi drakor! Mohon dukungannya ya, Warganet!

Salam Hangat,

YRM


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.