Mr. Sunshine: Drama Korea Termahal yang Pernah Dibuat

Dari SBS pindah ke tvN dan Netflix …

Pertama kali tahu tentang drama ini pas ada berita kalau SBS ga bisa menyiarkan Mr.Sunshine dan akan ditindaklanjuti oleh tvN. Ini menarik karena masalah utamanya adalah biaya produksi yang bahkan lebih mahal dari pembuatan film rata-rata di Korea Selatan. Ditambah lagi, salah satu pemeran utama drama ini adalah Lee Byung-Hun. Ia merupakan aktor Korea yang sudah terkenal di dunia internasional terutama karena aktingnya di film G.I. Joe.

Sejak publikasi awal, khususnya setelah teaser pertama, drama ini banyak disangkutpautkan sama Goblin. Banyak media lokal Korea dan asing yang mempertanyakan apakah Mr.Sunshine akan jadi drama Korea (drakor) yang lebih sukses dari Goblin. Kenapa dibandingin sama Goblin? Soalnya penulisnya sama, yaitu Kim Eun Sook! Annyeonghaseyo Kim Eun Sook jagga? (sorry ya guys buka mau SKSD^^) Dan ternyata terbukti drama ini bisa jadi hit … apalagi dengan biaya produksinya yang wow. Ya gimana SBS ngga mundur kalau dana yang diinvestasiin buat bayar produksi drama Mr. Sunshinesekitar 40 miliar won atau Rp514 miliar?! Ada juga yang menyatakan biayanya di kisaran Rp380 miliar. Intinya, itu semua adalah angka yang besar untuk produksi drama. Cuman, saya rasa itu pantas sih untuk drama sekelas Mr.Sunshine. Kenapa?

  • Latar belakang ceritanya bukan tentang sejarah Korea pada umumnya, melainkan mengambil latar waktu saat Jepang menjajah Korea. Jadi, drama ini adalah fiksi yang didasari peristiwa sejarah di Korea. Mungkin bisa search tentang Japanese invasion of Korea, Korea Japan’s War, dan lain-lain. Akan tetapi, jangan heran kalau pas nonton ini ada Amerika juga yang terlihat ‘cukup’ berkuasa. Jadi, bisa dibilang drama ini tidak benar-benar menggambarkan Korea lagi dijajah Jepang. Mungkin bisa dikatakan Jepang pelan-pelan mengambil alih pemerintahan di Korea dan di sisi lain ada negara Amerika yang menjadi pihak yang ‘netral’. Nah, kenapa ada Amerika saat itu? Coba cari kata kunci Shinmiyangyo, Battle of Gangwha, US expeditions to Korea, US Navy expeditions to Korea. Oh coba cari juga dengan kata kunci righteous army, righteous korean army, McKenzie journalist.
  • Despite of this drama genre is romance, the plot story is still LIT. Yes, buat saya yang suka sejarah, drama ini cukup segar sih. Biasanya drama kolosal Korea itu saeguk. Lebih ceritain masa-masa dinasti Korea. Dan jarang aja tentang masa-masa Perang Dunia. Menurut saya, drama ini cukup menggambarkan perjuangan gimana masyarakat Joseon memperjuangkan kemerdekaannya, melepas diri mereka dari Jepang, dan ditambah lagi (walau sedikit ya) dengan adanya Pasukan Kebenaran (see the keyword that I told before:  Righteous Army).
  • Sinematografinya keren banget. Jujur, saya bukan pakar atau komentator sinematik, bukan movie reviewer juga, tapi ini based on experience nonton drakor aja ya … dan menurut saya ini oke! Pertama kali, Mr. Sunshine rilis trailer pertama saya udah penasaran. Dan bilang sama diri sendiri: “oke ini bakal worth it to binge watching” dan terbukti. Pas episode pertama bukan ceritanya aja yang menarik tapi sinematografinya indah untuk ditonton (LOL bukan mau lebay). Cuma saya mikir hal yang sama ketika nonton Goblin pertama kali. Dan kenapa sinematografinya juga bagus … to be honest guys, this drama was produced by the same director of Goblin, Descendants of The Sun, dan School 2013,yaitu Lee Eung Bok. Jadi, pahamkan kenapa bisa bagus? Wong Lee Eung Bok dan penulis drama ini udah kerja bareng beberapa kali. Alhasil, jadilah Mr. Sunshine ini!
  • Penulisnya Kim Eun Sook. Setelah drama hitnya, Descendants of The Sun dan The Lonely and Great Godaka Goblin oh dan The Heirs pasti banyak yang penasaran gimana drama Mr. Sunshine. Saya sendiri makin ga sabar setelah tahu penulis drama ini siapa. Tapi jujur deh, saya baru tahu kalau penulisnya itu Kim Eun Sook setelah trailernya keluar dan ada berita drama ini drama termahal. Mungkin setelah berita SBS mundur.
  • Dari episode pertama ratingnya selalu tinggi! Menurut data Nielsen Korea, rating episode terakhir drama ini mencapai 18,5%. Dan selama saya nonton memang selalu oke. Cukup geregetan deh nonton ini.

Mungkin selain lima alasan di atas … saya tertarik dengan cast drama ini ya. Para aktor drama Mr. Sunshine merupakan aktor-aktor yang bisa dikatakan memiliki reputasi baik dalam akting. Seperti Lee Byung-Hun, drama ini juga merupakan come back dia dalam drama tv. Buat yang tahu Lee Byung-Hun, pasti tahu juga kalau ia lebih sering menampakkan diri di perfilman Korea atau internasional, misal G.I. Joe; ada Kim Tae-ri … well, ini drama pertama dia tapi bukan akting pertamanya. Siapa yang gatau Tae-ri setelah film The Handmaidden rilis? Dan mungkin dilanjutkan dengan film-film dia yang lain yang ga kalah laris juga, contohnya 1987: When The Day Comes dan mungkin Little Forest. Dua cast lain yang emang saya tahu ada Yoo Yeon-seok dan Kim Min-jung. Keduanya jelas udah banyak membintangi drakor-drakor lain dan variety shows. Apalagi saya juga nonton drama terakhir Yeon-seok sebelum Mr. Sunshine. Dan siapa yang gatau Yeon-seok setelah dia main di Reply 1994? Penyuka seri Reply pasti tahu dia sih.

Sebenarnya ga mau spoiler … tapi karena tulisan ini rilis jauh setelah saya nonton Mr. Sunshine alias September 2018 lalu … dan saya yakin karena masih banyak teman-teman yang belum nonton … mending nonton aja. Apalagi episode terakhirnya disamain sama laporan berita yang dibuat sama jurnalis asal Kanada, Frederick McKenzie. Sebenarnya itu ada dibukunya yang berjudul Korea’s Fight For Freedom. Bukan cerita keseluruhan Mr. Sunshine-nya ya, tapi ada bagian tentang Pasukan Kebenaran (Righteous Army) Korea yang memang sama. SO WELL … selamat menonton bagi yang penasaran!

References that maybe you want to know (berita-berita soal peristiwa terkait drama ini ya):

Terakhir, mungkin akan lebih baik kalau saya kasih link trailer Mr. Sunshine kali ya …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.